PENGENDALIAN PENYAKIT MENULAR PADA PENGUNGSIAN


Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yg disebabkan oleh alam atau manusia yg mengakibatkan timbulnya korban & penderitaan manusia, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, kerusakan sarana prasarana umum, gangguan terhadap tata kehidupan & penghidupan masyarakat serta pembangunan nasional, sehingga untuk pemulihannya memerlukan bantuan dari luar.

Pengetahuan untuk pengelolaan bencana sangat penting untuk mengantisipasi penyakit menular saat dan pasca bencana. Bila usaha tidak segera dilakukan maka akan terjadi hal yang lebih buruk. Yang paling penting adalah melindungi pengadaan air bersih, suplai makanan serta menyediakan sanitasi lingkungan yang baik, serta memonitor kondisi masyarakat secara cepat.

Terjadinya  pengungsian  memerlukan  upaya penanggulangan sehingga tidak berdampak timbulnya kondisi emergensi dengan kematian yang besar.berdasarkan pengalaman selama ini, kejadian pengungsian sekelompok orang dalam jumlah yang cukup besar akan terjadi risiko terhadap status kesehatan masyarakat pengungsi, baik pada saat melakukan pengungsian,maupun pada saat berada di tempat penampungan pengungsi. Risiko perubahan status kesehatan akan terjadi sangat cepat, tidak terduga dan lebih dari itu,adanya penyakit sekunder, terutama penyakit menular potensi KLB, dapat berisiko jatuhnya korban yang besar

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s