HERI PAERUNAN. Perbandingan Diagnosis Malaria Klinis dan Pemeriksaan Mikroskopis di Puskesmas Bunta Kabupaten Banggai Tahun 2009


Penyakit malaria masih merupakan salah satu masalah kesehatan dunia terutama di negara sedang berkembang pada kawasan tropik dan subtropik. Di Indonesia sampai saat ini angka kesakitan penyakit malaria masih cukup tinggi terutama di luar daerah Jawa dan Bali. Secara khusus di Puskesmas Bunta Kabupaten Banggai, insiden malaria tahun 2008 masih tinggi (AMI) sebesar 109,9‰.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membandingkan hasil diagnosis malaria klinis dengan pemeriksaan mikroskopis, (2) mengetahui hubungan antara  gejala dan tanda klinis malaria terhadap hasil pemeriksaan mikroskopis, (3) mengetahui dan mendapatkan gejala dan tanda klinis malaria yang paling berhubungan dengan pemeriksaan mikroskopis.

 

Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Bunta Kabupaten Banggai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional dengan design cross sectional study dengan mewawancarai dan mengambil sediaan darah penderita suspek malaria sebanyak 150 orang sebagai responden. Pengambilan sampel dilakukan di Puskesmas (PCD) dan di rumah penduduk (ACD).  Data dianalisis dengan program SPSS secara univariat, bivariat (uji chi-square), dan multivariat (logistik regresi berganda).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita malaria klinis yang positif berdasarkan pemeriksaan mikroskopis (SPR) sebanyak 52%. Gejala dan tanda klinis malaria yang berhubungan denga pemeriksaan mikroskopis adalah menggigil, sakit kepala, nyeri otot/tulang, pusing, demam berdasarkan pengukuran suhu, anemia, dan splenomegali. Gejala klinis yang paling berhubungan dengan pemeriksaan mikroskopis adalah sakit kepala, sedangkan tanda klinis yang paling berhubungan dengan pemeriksaan mikroskopis adalah splenomegali. Diagnosis klinis malaria dapat dijadikan sebagai alternatif diagnosis penyakit malaria bagi daerah endemis yang mempunyai keterbatasan dalam hal pemeriksaan mikroskopis.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s