Hipertensi pada wanita hamil berresiko timbulkan Gangguan Kardiovaskuler pada Usia Tua


Hipertensi pada wanita hamil berresiko timbulkan Gangguan Kardiovaskuler pada Usia Tua Jdokter/healthdaynews — Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat merupakan ancaman timbulnya stroke atau gangguan kardiovaskuler lainnya ketika usia lanjut, demkian laporan para peneliti.

Mayo Clinic Rochester, Minn., menemukan bahwa 50% dari wanita hamil dengan tekanan darah tinggi, setelah mereka berusia 52 tahun berkembang menjadi tekanan darah tinggi. Disisi lain ada anggapan bahwa hipertensi pada wanita hamil berpengaruh kecil setelah mereka melahirkan anak-anaknya,

Hal ini bertentangan dengan 50% wanita yang tidak mempunyai hipertensi selama hamil menjadi hipertensi setelah berusia 60 tahun.

Dr. Garovic mengidentifikasi 4782 wanita dari peserta yang mengikuti the Family Blood Pressure Program yang mana terdapat dua atau lebih saudara kandung yang mempunyai peningkatan tekanan darah tinggi sebelum berusia 60 tahun. Dia kemudian meninjau ulang catatan mereka, memeriksa dengan teliti kesehatan selama hamil.

Dalam kelompok ini wanita yang mempunyai risiko hipertensi, 643 diantaranya mempunyai hipertensi selama hamil. “Pada umumnya,” dia mengatakan, “kami meyakini bahwa sekitar 10% wanita menjadi hipertensi ketika mereka hamil.”

Sebagai tambahan, mereka mengkaji pengaruh factor risiko pada 1.755 wanita dalam Genetic Epidemiology Network of Arteriopathy (GENOA) study of the FBPP.

· Risiko pada wanita yang mempunyai tekanan darah normal dalam kohort menemukan 2,7 % dibandingkan 5,2% dari wanita yang mempunyai hipertensi selama haml. Perbedaan statistic yang signifikan pada level P=.003 ,dia mengatakan · Risiko penyakit jantung koroner untuk wanita dengan tekanan darah normal sebanyak 5,4% dibandingkan dengan 6,8% untuk wanita yang mempunyai hipertensi selama hamil (P=.049).  ·  Risiko hipertensi pada usia lanjut untuk wanita yang tekanan darah normal  sebanyak 56,9% dibandingkan dengan 60,6% untuk wanita yang hipertensif selama hamil (P<.001).· Risiko microalbuminemia antara wanita dengan tekanan darah normal sebanyak 11,7% dibandingkan dengan 16.8% untuk wanita yang mempunyai hipertensi selama hamil.· Risiko arteriosclerosis pada usia lanjut yang diukur pada ankle brachial index sekitar 7,7% ,untuk individu dengan tekanan darah normal dibandingkan dengan 10,6% wanita yang hipertensif selama hamil.(P=.02)

Wanita dengan hipertensi saat hamil, dibandingkan dengan mereka yang mempunyai tekanan darah normal saat hamil, mempunyai BMI yang lebih tinggi (P<0.0001), sebagai tambahan, mereka mempunyai rasio kreatinin albumin urin (P=0.001), sementara wanita hamil dengan tekanan darah normal mempunyai nilai kreatinin yang lebih rendah dibandingkan mereka tidak mempunyai  riwayat kehamilan selama 6 bulan atau lebih (P=0,03).

Wanita hamil dengan hipertensi juga mempunyai C-reaktif protein dan homosystein yang lebih tinggi, baik ketika nilai BMI telah ditambahkan (P=0.03 dan P=0.008, masing-masing) dan ketika tanpa BMI (P<0.0001 dan P=0.002, masing-masing) pada model regresi multiple.

Dr.Garovic mengatakan dokter yang merawat wanita paruh baya perlu untuk menanyakan tentang riwayat kehamilan yang lalu dan agar memperingatkan mereka akan adanya kemungkinan risiko masalah jantung dikemudian hari.

 “Wanita tersebut seharusnya berinisiatif dan menyampaikan kepada dokter mereka tentang hipertensi selama kanak-anak,”Dr.Garovic berujar.

 “Adalah penting bagi dokter untuk menuliskan riwayat pasien selengkap mungkin ,dan menanyakan kondisi yang terjadi selama hamil,” Frank Brosius, M.D., chairman of nephrology di University of Michigan di Ann Arbor, berkata.

 “Hal ini penting disadari bahwa sesuatu yang telah terjadi 20-30 tahun yang lalu dapat berpengaruh terhadap pasien akan adanya risiko penyakit jantung dikemudian hari.”

 Sumber : Jdokter.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s